Ao Dai – Pakaian Tradisional Vietnam

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Vietnam dikenal memiliki keindahan alam dengan banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di sini. Tentunya selain berwisata alam kamu juga wajib icip wisata kuliner dari tempat ini. Selain keindahan wisata dan nikmatnya kuliner Vietnam, apalagi nih yang menarik dari negeri satu ini? Coba tengok pakaian tradisionalnya. Ya, salah satu pakaian tradisionalnya bernama Ao Dai yang biasa digunakan sangat populer dan terkenal di negera ini.

Ao Dai merupakan pakaian tradisional untuk kaum wanita di negara Vietnam. Pakaian ini dijahit dari kain sutera yang halus dengan berbagai warnai. Pakaian adat ini sangat umum dikenakan oleh wanita vietnam untuk menghadiri acara pesta. Kata Ao Dai berarti baju panjang. Baju ini  dirancang  berbentuk ramping  dan langsing,  yang memeluk  erat-erat badannya, leher baju-nya tinggi. Dua juraian depan dan belakang  memanjang  dari leher ke mata kaki, menutupi celana yang lebar  sampai menginjak  tanah. Barang kali belum ada naskah manapun yang menentukan Ao Dai resmi menjadi busana nasional untuk kaum wanita Vietnam, tapi, dalam kenyataannya, kaum wanita Vietnam selalu memakai busana Ao Dai pada semua kesempatan pesta, ketika ikut serta dalam protokol-protokol yang penting dan dalam semua pertemuan. Baju ini berkesan anggun dan mampu memancarkan kecantikan dari pemakainya. Para perempuan di Vietnam mengenakan baju ini sebagai simbol kecantikan.

Berbeda dengan pakaian tradisional Kimono dari negara Jepang atau pun pakaian tradisional Hanbok dari negara Korea, pakaian tradisional na Ao Dai Vietnam ini mengusung sifat tradisional sekaligus juga sifat modern. Pemakaian tradisional Ao Dai ini tidak pernah rumit, yang digunakan sebagai pendamping pakaian ini pun juga sederhana yaitu berupa celana yang terbuat dari kain sutera dan dipakainya bersamaan dengan sepatu tinggi, dengan sandal atau jenis sepatu lain. Rambut wanita juga bisa bebas, bagaimana dia merasa percaya sendiri dan paling cantik saja. Dari busana Ao Dai tradisional, setelah mengalami banyak generasi, orang Vietnam telah dengan kreatif mengubah dan menciptakan busana Ao Dai dalam bentuk seperti dewasa ini. Mengalami gejolak-gejolak sejarah, bersama dengan masuknya  kecenderungan  pakaian Barat, baju panjang telah mengalami banyak perbaikan menurut kecenderungan tertentu.  Namun, sampai sekarang, baju ini  tetap mempertahankan  aspek indah  tradisional-nyadan menambah kecantikan yang lemah lembut dan, sosok  tubuh dari wanita Vietnam.

Wanita Vietnam pakai Ao Dai dimana? Tidak dibatasi, bisa dipakai di mana saja:

  • Saat ini ada banyak kantor pakai Ao Dai sebagai pakaian seragam.
  • Mahasiswa perempuan SMA di Vietnam juga terpaksa pakai Ao Dai berwarna putih sebagai pakaian seragam.
  • Guru-guru yang perempuan di SD, SMP, SMA juga harus pakai Ao Dai waktu masuk kelas.
  • Bisa pakai untuk pernikahan, khususnya pengantin perempuan terpaksa pakai Ao Dai waktu melakukan ritual-ritual tradisional dalam pernikahan. Pengantin laki-laki juga bisa pilih pakaian Ao Dai berwarna sama pengantin perempuan tapi gayanya agak beda (bajunya tidak peluk bagian pinggang). Para undangan juga bisa pilih Ao Dai dalam pesta ini.
  • Pesta-pesta yang resmi juga dipakai Ao Dai oleh wanita-wanita.
  • Semua kontes Miss Vietnam juga tidak bisa hilangkan bagian kontes pakai Ao Dai.
  • Hari raya Imlek.
  • Dan lain-lain…

Selain itu, pemuda saat ini mencipta gaya Ao Dai lebih sederhana (tangan lebih pendek, celana lebih sempit, kerah dihilangkan atau inovasi) untuk bisa pakai Ao Dai menjadi pakaian yang bisa pakai setiap hari: bebelanja, minum kopi dengan teman-teman, berwisata…Bukan hanya gayanya, warna dan kain juga sangat beragam, untuk sesuai dengan semua perempuan bermasing-masing umur.

Mayoritas wisatawan ke Vietnam sudah ditarik oleh perempuan yang sangat cantik dalam pakaian Ao Dai. Busana Ao Dai ini, tampaknya punya cara sendiri untuk memuliakan kecantikan  wanita. Busana Ao Dai ini membuat tingkah laku pemakainya sangat santai, berhasil menciptakan sosok yang semampai, memuliakan kewanitaan, tersembunyi tapi sexy. Wisatawan juga sangat mudah beli satu pakaian Ao Dai yang sesuai dengan badan kita di Ha Noi atau Ho Chi Minh city dan memphoto untuk simpan kenangan di sini.

Ciri-ciri yang indah dari busana Ao Dai Vietnam selama ini telah menjadi sumber ilham tak habis-habisnya bari para penyair, pengarang dan komponis untuk menciptakan semua karya sastra dan kesenian. Dalam semua lomba kecantikan selama ini, busana Ao Dai untuk wanita Vietnam selalu mendapat penilaian tinggi dari sahabat internasional dan untuk pertama kalinya, busana Ao Dai telah menjadi busana paksaan dalam Lomba Kecantikan Bola Bumi yang diadakan pada tahun 2007 di kota Nha Trang, Vietnam Tengah. Dewasa ini, Vietnam telah mempunyai satu barisan para desainer tentang busana Ao Dai dengan berbagai macam bahan kain dan mereka masih sedang meneliti, mencari dan menghasilkan mode-mode baru. Busana Ao Dai untuk wanita Vietnam telah datang ke semua tempat di dunia, karena ia tidak hanya adalah satu busana, tapi, adalah ciri merah dalam kebudayaan Vietnam dan satu manifestasi tentang identitas dan semangat kebudayaan Vietnam.

Comments are closed.