Banh Mi – Makanan Khas Yang Terkenal Di Dunia Dari Vietnam

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Kalau sudah  ada kesempatan datang ke Vietnam, jangan lupa untuk mencicipi panganan roti bernama banh mi. Namun banh mi adalah makanan yang sangat terkenal dan yang paling enak di Vietnam. Bahkan konon di dunia. Banh mi merupakan santapan berbentuk roti panjang, mirip baguette ala Prancis. Roti tersebut dibelah memanjang menjadi dua bagian. Kemudian bagian tengahnya diisi dengan margarin, daun ketumbar sayuran dan pate (pasta hati angsa khas Prancis). Ada juga dipakai dengan irisan daging sapi atau babi. Banh mi merupakan roti yang sangat unik. Meski dari luar terlihat seperti roti baguette, tetapi banh mi memiliki perbedaan dalam rasa dan isinya.

Banh mi berasal dari zaman kolonial di mana Perancis mulai membentuk negara Indochina Perancis pada tahun 1859. Waktu itu, banh mi masih bergaya “Barat”, ususnya padat dan kulitnya tidak renyah seperti sekarang. Setelah itu, oven-oven yang dibuat dari batu bata yang diimpor dari Jepang baru ada pada tahun 1970. Banh mi dibakar oleh oven-oven ini menjadi lebih renyah, ususnya juga lebih kosong. Ini benar ciri khas Banh mi Vietnam yang beda roti-roti negera lain. Waktu itu, orang Vietnam mengonsumsi roti layaknya orang Perancis dengan menambahkan butter atau keju. Setelah itu, orang lokal menciptakan baguette selera lokal dengan menambahkan irisan daging, saus dan sayuran. Sejak itulah banh mi tercipta seperti yang dikenal sekarang. Semua jalan, gang, pasar mulai dijual Banh mi ini, menjadi makanan populer untuk pekerja berpenghasilan rendah, mahasiswa…Alasannya Banh mi dipanggil salah satu jenis “street food” di Vietnam.

 

Kalau mau buat Banh mi tidak sulit. Yang penting pertama adalah roti yang berkulit renyah sama di atas. Yang kedua adalah bahan-bahan dalam roti dan kamu hanya perlu menyusun berbagai bahan itu ke dalamnya. Bahannya termasuk:

1/ Wortel, lobak, dan bawang bombay yang sudah termarinasi dengan cuka air

2/ Pate babi atau sapi (ini bisa dijual makanan kalengan di supermarket)

3/ Smoked beef, ayam bakar atau babi bakar juga bisa dipakai

4/ Mayonnaise (dibeli di supermaket juga)

5/ Tambah saus khas Vietnam atau kecap asin

Potong sisi samping roti, panggang sebentar hingga roti sedikit berubah warnanya. Oleskan mayonaise dalam roti, kemudian masukan bahan-bahan lain seperti smoked beef (ayam atau babi), acar sayuran yang sudah dibuat, irisan timun, daun cilantro, dan cabai. Banh mi buatanmu sudah siap disajikan.

Banh mi bukan hanya dijual di Vietnam. Ketika perang berakhir, banyak warga Vietnam Selatan beremigrasi ke Amerika Serikat, Eropa dan Australia dengan membawa resep makanan lokal, termasuk sandwich ikonik mereka itu. Banyak warung Banh mi dibuka di banyak kota di dunia saat ini dan cepat disuka oleh banyak orang asing. Mayoriatas dimana ada orang Vietnam, di situ ada warung Banh mi yang terkenal. Ke Amerika, ada Bánh Mì Saigon di New York, Bun Mee di San Fransisco dan string warung terkenal Lee’s Sandwiches seluruh kawasan Amerika Selatan. Ke Canada, kita bisa lihat Banh Mi Boys di Toronto, Bánh Mì Thi-Thi di Calgary. Ke Republik Cheska, ada Banh Mi Ba dan Mr. Bánh Mì juga di Prague…Majalah Rough Guides berikan Banh mi dalam daftar 20 makanan yang paling enak di dunia. Tahun 2011, kata “Banh Mi” dimasuk in kamus Oxford dengan resmi.

Banh mi dibuat di setiap kawasan di Vietnam juga ada beda sedikit tentang bahan-bahan dalamnya, alasannya kebedaan rasaan orang setempatnya. Jadi rasaan Banh Mi Vietnam yang dibuat di masing-masing negera juga akan beda sedikit tentang rasanya. Setelah ratusan tahun, ratusan formula dimasak juga diciptakan. Namun semuanya masih tetap sangat unik, sangat variasi dan sangat Vietnam.

Saat ini, orang Vietnam makan Banh mi sebagai sarapan setiap hari. Hanya perlu ganti bahan isinya sedikit, sudah ada Banh mi dengan rasa beda, tidak jadi bosan. Banh mi Vietnam sekarang baik makanan street food yang paling populer, maupun makanan simbol bangsa yang orang Vietnam selalu ingat waktu meninggalkan tanah air.

 

Comments are closed.