Cu Chi Tunnels – Terowongan Yang Paling Unik Di Dunia

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Jarak dari Kota Ho Chi Minh ke Cu Chi Tunnels adalah sekitar 50km (1,5 jam dengan mobil). Terowongan Cu Chi dibangun untuk pertama kalinya selama periode kolonial Perancis (1945-1954). Itu diperpanjang hingga sekitar 120 km pada pertengahan 1960-an, dan sekitar 250 km pada tahun 1967. Terowongan itu menjadi tempat perlindungan utama bagi pasukan gerilya Viet Cong. Mereka berencana untuk mengusir Amerika Serikat, kemudian menyatukan Vietnam Utara dan Selatan menjadi negara komunis. Setiap hari pasukan Vietnam menghabiskan bawah tanah untuk menggali terowongan. Tentara Viet Cong hanya muncul di malam hari ketika menyerang markas AS atau mencari pasokan makanan.

Terowongan Cu Chi, atau Cu Chi Tunnels, adalah terowongan yang digunakan oleh pasukan Viet Cong untuk melawan dan melindungi keluarga mereka dari serangan bom masa perang. Kebanyakan terowongan masuk kecil, hanya dapat diakses oleh orang Vietnam yang ramping.Inilah yang membuat Amerika kehilangan keberadaan terowongan ini. Karena sangat rapi, bunker di tengah hutan jauh dari ibukota dan semua jejak pintu masuk ditutup oleh rumput atau pohon seolah-olah tidak ada yang di bawah tanah.

Selain bertindak sebagai tempat persembunyian, terowongan ini juga digunakan sebagai jebakan, tempat medis dan pertemuan.

Tentu saja, hidup di bawah tanah tidaklah mudah. Selain itu ancaman yang sangat sulit, gigitan ular dan malaria nyamuk mengancam Viet Cong setiap saat. Beberapa terowongan juga dihancurkan oleh bom yang diledakkan oleh Amerika Serikat.

Lama setelah perang dingin berakhir pada tahun 1973, Cu Chi Tunnel telah menjadi salah satu tempat wisata paling menarik di Vietnam. Banyak wisatawan asing tertarik masuk ke lubang sempit dan mengikutinya. Tentu saja, tujuan ini tidak cocok untuk mereka yang menderita kejang, atau yang terobsesi dengan ruang yang sempit. Perang Vietnam di masa lalu benar-benar pahit. Tapi dampaknya sekarang adalah untuk membawa pengunjung asing ke Ho Chi Minh City (Kota Ho Chi Minh) hanya untuk melihat jejak perang Amerika di Vietnam.

Jika Anda pernah melihat film “Rambo,” Anda dapat melihat tentara Viet Cong dalam perang melawan Amerika, yaitu, dengan adegan perang yang membentuk terowongan di bawah tanah. Ketika itu digambarkan dalam film, pasukan Vietcong tiba-tiba muncul dari lubang, menembaki musuh, lalu kembali ke lubang, lalu tiba-tiba muncul lagi di tempat lain melalui lubang. Ini adalah terowongan bawah tanah yang bernama setelah terowongan Chu Chi di Vietnam yang banyak dikunjungi turis asing hari ini.

Melihat langsung ke terowongan perang lama ini, kita dapat merasakan bagaimana pasukan Vietcong bergerak di bawah tanah, meskipun hanya beberapa ratus meter yang dapat kita masuki. Terowongan ini bukan hanya lorong seperti gua, tetapi juga lengkap dengan ruang pertemuan, dapur dan tempat tidur. Di pintu masuk terowongan, dedaunan selalu jatuh dari pohon, sehingga terlihat seperti tanah yang belum pernah masuk.

Tempat ini juga menampilkan berbagai model perangkap untuk menjebak musuh. Ada juga boneka tentara Viet Cong, jadi kita bisa berfoto seolah-olah kita bersama tentara Viet Cong yang sebenarnya.

Setelah kita menyaksikan terowongan, kita dapat mencoba prototipe seperti AK 47, M-16 dan M-60, senapan mesin yang dapat menyebabkan banyak peluru dalam waktu singkat. Tetapi di area ini, Anda membayar lebih mahal daripada tiket masuk, jadi Anda dapat mencoba menggunakan senjata perang lama ini.

Para peserta diundang untuk mencoba terowongan, tetapi lubang itu sangat sempit, gelap dan panas. Anda harus merangkak atau berjalan untuk duduk, sangat lelah membayangkan berjalan puluhan kilometer seperti hari-hari Perang Vietnam sebelumnya.

Di sini wisatawan juga bisa belajar bagaimana orang-orang Vietnam sangat dihargai untuk hidup dalam periode perang meskipun senjata mereka kurang modern daripada Amerika Serikat.

Di terowongan Cu Chi, Anda dapat menjelajahi teknik perang gerilya, memasak bawah tanah, bagaimana hidup di terowongan, menciptakan perangkap yang berbeda. Wisatawan juga menerima hidangan perang, yang merupakan singkong rebus, ditaburi dengan saus kacang. Cukup bagus sebagai makanan desa di Indonesia. Menunjuk asap dari piring bawah tanah, memberikan lubang khusus ke udara tetapi diciptakan seolah-olah itu kabut, itu tidak ditemukan jika ada kehidupan di bawah tanah Vietnam selama bertahun-tahun.

Di antara bunker juga masihh ada mesin perang berupa tank bekas perang untuk ambil foto. Ada pula peragaan kerajinan sepatu atau sandal untuk para tentara waktu itu  yang dijual dengan bentuk persis seperti zaman perang. Ada pula beberapa ranjau-ranjau yang digunakan untuk menjebak tentara Amerika. Bekas bom-bom yang pernah dijatuhkan tentara Amerika juga ada dalam diorama di toko suvenir.

Saat ini, terowongan Cu Chi diakui sebagai mitos abad ke-20 atau saksi bisu perjuangan orang Vietnam tentang 30 tahun melawan musuh.Pasti ini salah satu objek wisata yang tidak bisa lupa waktu Anda wisata ke kota Saigon.

Comments are closed.