Ha Long Bay – Warisan Dunia Di Vietnam

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Halong Bay menjadi situs warisan dunia sejak 17 Desember 1994 oleh UNESCO. Halong bay masuk dalam daftar tempat yang seharusnya Anda kunjungi di Vietnam. Secara administratif, teluk milik kota Ha Long, kota Cam Pha, dan bagian dari kabupaten Van Don, propinsi Quang Ninh. Dari Ibu kota Ha Noi ke Ha Long bay akan makan waktu sekitar 3,5 jam dengan mobil. Sekarang kalau lewat jalan raya (diselesaikan pada tahun 2018), mengurangi waktu naik mobil hanya 2 jam sudah sampaikan.

Tidak acak tempat ini dipanggil “teluk naga turun”, Halong Bay merupakan teluk yang sempurna pencetakan pulau kapur. Keindahan panorama laut biru dan sinar matahari, susunan pulau-pulaunya mirip seperti ular naga yang sedang menyelam.

Ini sesungguhnya pilihan sempunar milik orang yang menyukai alam. Halong Bay yang memiliki luas 1.553 kilometer persegi, termasuk 1.960 pulau, yang kebanyakan kapur. Inti teluk memiliki luas wilayah 334km2 dengan kepadatan  775 pulau batugamping . Terbentuk lebih 500 juta tahun. Pulau-pulau kapur itu memiliki berbagai bentuk unik akibat erosi yang terjadi sejak jutaan tahun lalu. Selain menciptakan pulau kapur, proses alam yang berlangsung tersebut juga membentuk berbagai gua yang sangat indah. Halong Bay juga kaya akan keanekaragaman hayati: ada lebih 232 spesies karang, pula banyak jenis burung, reptil, maupun hewan hutan hujan seperti rusa, musang, tupai, dan monyet…

Mengunjungi Ha Long bay, wisatawan bisa pilih 2 cara. Yang pertama naik boat 4 jam termasuk menikmati makan siang di atas boat (berangkat jam 08.00 pagi atau jam 12.00 siang setiap hari). Yang kedua bisa menginap 1 malam atau 2 malam dalam cruise serta makan siang, makan malam dan sarapan dalam cruise (berangkat jam 12.00 siang setiap hari). Dengan cara ini wisatawan akan ada lebih banyak waktu menikmati pemandangan Ha Long bay dengan sempurna. Cruise akan melewati banyak pulau kapur dan berhenti untuk masuk gua alam yang sangat indah. Juga akan bisa bermain kayak yang sangat menarik atau berenang di pantai sini. Wisatawan pula bisa ikut aktivitas cooking class (masak makanan Vietnam), melatihan Tai Chi (bela diri tradisional) pada pagi dan memancing cumi-cumi pada malam di laut. Pasti Ha Long Bay akan memberikan impresif indah dan kenangan yang sulit lupa dalam hati kita.

Comments are closed.