Taman Nasional Phong Nha Ke Bang

Posted by & filed under Vietnam Travel Guide.

Taman Nasional Phong Nha Ke Bang adalah salah satu tempat wisata terkenal di Vietnam. Ini terletak di propinsi Quang Binh, Vietnam Tengah. Kalau mau kesini, wisatawan akan terbang ke bandara Dong Hoi, setelah itu naik mobil sekitar 50km sudah sampai.  Taman ini merupakan satu diantara zona-zona yang memiliki nilai sejarah topografi, geologi, geomorfologi yang luar biasa. Terlebih dimanjakan dengan panorama alam yang anggun dan misterius. Zona Phong Nha-Ke Bang telah diakui oleh UNESCO sebagai pusaka alam dunia menurut kriteriu geologi dan geomorfologi pada tahun 2003, Taman Nasional Phong Nha Ke Bang juga pernah dua kali diakui sebagai pusaka alam dunia dengan kriterium  keanekaragaman biolog.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang adalah interferensi barisan gunung-gemunung, hutan primitif,  sungai Son beserta  sisti gua-gua  alami, sehingga menciptakan satu panorama yang mempesonakan semua orang. Ini merupakan satu bagian daerah gunung-gemunung yang paling lama di Asia yang dibentuk pada lebih dari 400 juta tahun lalu dan terkaitan dengan siklus-siklus pembentukan dan perkembangan utama sejarah bola bumi. Ini merupakan satu bagian daerah gunung-gemunung yang paling lama di Asia yang dibentuk pada lebih dari 400 juta tahun lalu dan terkaitan dengan siklus-siklus pembentukan dan perkembangan utama sejarah bola bumi. Taman ini dimanjakan oleh alam dengan barisan gunung batu kapur raksasa yang unik yang tidak ada di tempat yang lain. Dengan luasnya 200 000 Ha dengan lapisan tanah Karst  menduduki  2/3 areal di sini. Di sini  ada satu sistim gua  besar dan kecil  dan sungai –sungai di bawah tanah yang panjangnya kira-kira 300 Km. Ada lebih dari 300 gua  besar dan kecil – tempat ini disebut  sebagai  kerajaan gua. Selain keunikan kemisteriusan gua, kalau datang ke sini, para wisatawan  juga bisa menikmati daya pesona dari stalakmit dan stalaktik dengan tata-warna  yang indah dan bentuk yang unik dan mengesankan.

Entrance of the Cave Phong Nha – Ke Bang

Tidak semua area di Taman Nasional Phong Nha Ke Bang dapat dikunjungi. Tapi beberapa dibawah ini dapat wisatawan kunjungi:

1/ Gua Phong Nha:

Gua pertama ini dapat Anda telusuri saat berada di Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Gua ini dikenal sebagai gua dengan pemandangan indah yang unik.

Jumlah panjang gua yang indah dan istimewa ini mencapai 7,729 meter dengan 14 ceruk atau gua kecil di dalamnya. Gua ini bukan hanya terkenal dengan batuannya saja, tapi juga terkenal dengan sungai bawah tanahnya.

2/ Gua Thien Duong:

Disebut sebagai “Istana kerjaan di bawah tanah”, gua Thien  Duong  adalah  salah satu diantara keajaiban-keajaiban  yang paling indah di dunia- tempat yang tak bisa dilewatkan dalam program perjalanan menguak tabir  gua Phong Nha-Ke Bang.

Gua ini terletak di tengah-tengah  satu kompleks gunung batu di ketinggian 191 Km dari permukaan air laut yang dikelilingi oleh  hutan primitif.  Gua Thien Duong yang panjangnya 31 Km, tingginya  dari 30 sampai 100 meter dan ada tempat yang paling  lebar 150 meter dinilai oleh Asosiasi Gua  Kerajaan Inggeris  sebagai gua  kering paling panjang di  Asia. Stalagmit dan stalaktit yang indah dan misterius dalam gua ini membuat wisatawan biasanya berasosiasi tentang satu istana sorga di bumi. Di dalam gua ini, ada seribu satu stalagmit dan stalaktit dengan bermamcam bentuk dan diberikan nama dengan  nama penemu seperti Thac Thien Ha, Cung Giao Tri dan lain-lain

Gua Thien Duong  sebagai gua istimewa – satu karya yang paling  sempurna dari Sang Pencipta yang diperuntukkan kepada daerah tanah yang paling keras ini. Tidak ada kata-kata yang bisa melukiskan keindahan gua ini karena itu sangat anggun. Semua stalaktik dan stalakmit adalah buatan Sang Pencipta, tapi ada yang berbentuk seperti rumah gadang, sperti, candi Champa,  burung Funiks,  patung Maria dll

3/ Gua Son Doong:

Pada tahun 2009 rombongan ilmuwan Asosiasi  Gua Kerajaan Inggeris-Phong Nha Ke Bang  telah menemukan gua Son Doong  yang lebarnya 200 meter, tingginya 150 meter, panjangnya sedikit-dikitnya 6,5 kilometer. Dengan ukuran ini, Gua Son Doong telah melampaui gua Deer di taman nasional Gunung Mulu (Malaysia) yang diakui sebagai gua paling besar di dunia. Bagi orang-orang yang suka menguak tabir dan petualangan, gua Son Doong  dianggap sebagai  satu destinasi yang ideal untuk mengalami pengalaman.

Ini salah satu tempat wisata yang banyak orang kerinduan sampaikan. Tapi bukan semua orang bisa ke sini. Persyaratan adalah Anda harus ada kesehatan yang sangat bagus dan kemampuan bertahan hidup baru bisa masuk. Karena gua ini masih sangat liar ditengah-tengah  alam.

4/ Gua En:

Gua En atau Hang En merupakan salah satu gua dengan landmark dari Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Gua terkenal karena keindahan dan termasuk dalam kategori gua terbesar ketiga dunia. Gua En bahkan diakui oleh dunia karena tempat ini seolah tempat yang terpisah dari alam luar.

Di dalam gua ini wisatawan dapat menemukan sungai berair biru yang begitu jernih. Dan juga memiliki pantai berpasir putih. Namun untuk akses menuju gua ini terbilang cukup sulit. Dan kita harus berjalan kaki hingga 10km.

5/ Gua Tu Lan:

Gua Tu Lan menyajikan memandangan indah dari Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Gua ini adalah sebuah rangkaian gua kecil yang indah dan unik. Dan hanya berjarak 70km saja dari Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Juga berdekatan dengan tempat tinggal suku minoritas Vietnam yaitu suku Tan Hoa.

Akses menuju gua Tu Lan ini cukup sulit. Karena kita harus melewati hutan lebat, area persawahan sampai daerah perbukitan. Tapi sulitnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan gua yang fantastis.

Di samping  sistim  gua  yang unik,  taman nasional Phong Nha-Ke Bang juga memiliki  sistim ekologi hutan primitif di gua batu  kapur  yang paling besar di Vietnam-salah satu diantara hutan-hutan khusus papan atas di seluruh negeri. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang adalah lingkungan  yang ideal bagi para ilmuwan untuk melakukan penelitian karena tempat ini tidak punya keanekaragaman biologi tinggi, melainkan adalah pusat penyebaran bermacam-macam spesies  flora dan fauna yang khas, diantaranya ada  kira-kira 420  spesies flora dan 30 spesies  fauna yang khas di Vietnam. 116 spesies  flora dan 166 spesies fauna  yang tercantum dalam buku merah Vietnam dan dunia. Phong Nha –Ke Bang dimasukkan ke dalam  daftar  zona-zona konservasi keanekaragaman biologi penting yang diprioritaskan dalam rencana konservasi keanekaragaman nasional dan  dianggap oleh Dana Internasional  tentang konservasi alam  (WWF)  sebagai salah satu diantara 200 pusat keanekaragaman biologi dunia.

Dengan sistim-sistim ekologi yang beranekaragam bersama dengan  pamandangan alam  yang  luar biasa indahnya, semua cagar sejarah dan nilai-nilai  budaya yang khas telah membuat Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang  menjadi satu tempat wisata yang atraktif dengan bermacam-macam ragam wisata dan  produk wisata  khas yang menyerap kedatangan  puluhan ribu wisatawan domestik dan mancanegara  setiap tahun.

Comments are closed.